Home / ADV / Ingin Bisa Cepat Baca Al-Qur’an? Perhatikan Hal-hal Ini….

Ingin Bisa Cepat Baca Al-Qur’an? Perhatikan Hal-hal Ini….

Ingin Bisa Cepat Baca Al-Qur’an? Perhatikan Hal-hal Ini....

Jakarta, Bisnis Syariah – Siapa sih yang tak ingin bisa cepat baca Al-Qur’an dengan baik. Tentu, setiap muslim pasti menginginkannya. Namun demikian, untuk para pemula yang ingin belajar membaca Al-Qur’an namun memiliki keterbatasan waktu untuk mempelajarinya di ruang-ruang pengajian, bisa mencobanya dengan mushaf Al-Qur’an tajwid kode blok warna.

Dengan bantuan blok-blok warna dan pen digital maka akan memudahkan para pemula mengenali tanda-tanda baca yang sesuai dengan hukum-hukum tajwid yang baik dan benar. “Kode warna ini dilengkapi dengan penjelasan ketentuan-ketentuan tajwid dalam Bahasa Indonesia (huruf latin) yang mudah dipahami,” tutur Dani, pimpinan Lestari Book, penerbit mushaf Al-Qur’an tajwid kode blok warna, beberapa waktu lalu.

Lanjut dia, ketentuan tajwid yang digunakan adalah yang berdasarkan bacaan tajwid ala Qiraat ‘Ashim yang diriwayatkan oleh Imam Al-Hafs, yang merupakan cara baca yang paling banyak dipergunakan umat Islam di dunia, terutama di Indonesia, dari tujuh riwayat cara baca Qiraat Sab’ah.

Ketentuan tajwid yang dilampirkan dalam mushaf Al-Qur’an ini meliputi: makhraj huruf hijaiyah, qalqalah, nun dan mim musyaddadah (tasydid), huruf lam, mim sukun, hukum nun mati/tanwin, huruf ra, mad, alif lam syamsiyah dan qamariyah, waqaf, dan ayat-ayat sajadah. Ketentuan tersebut diterjemahkan dalam beberapa kode blok warna, misalnya: Ikhfa berwarna biru, Qalqalah berwarna merah, Idgham bighunnah berwarna hijau, Iqlab berwarna ungu, dan seterusnya.

Dengan blok warna tersebut, pembaca pemula dapat lebih memperhatikan tekanan, fonetik, irama, serta cara membaca alquran dengan semestinya. Hal inilah yang kadang diabaikan oleh para pembaca pemula dan yang kurang mengerti hukum bacaan Al-Qur’an. “Bagi yang ingin pesan kami juga menyediakan layanan antar hingga ketempat tujuan. Silahkan hubungi di 021-3140808,” terangnya lagi. (rio)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *