Home / Daerah / Sumsel Syariah / Terus Lakukan Pembenahan, PD Pasar Palembang Segera Naikkan Tarif

Terus Lakukan Pembenahan, PD Pasar Palembang Segera Naikkan Tarif

Terus Lakukan Pembenahan, PD Pasar Palembang Segera Naikkan Tarif
Asnawi P Ratu

SUMSEL, Bisnis Syariah Begitu menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah (PD) Pasar Palembang Jaya, Asnawi P Ratu terus membuat terobosan baru. Ia ingin memajukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, yang mengelola khusus mengelola pasar tersebut.

Pekan lalu mantan Asisten IV Bidang Kesejahteraan Rakyat ini membongkar habis kios liar,  yang berada di halaman depan parkir pasar. Dalam waktu dekat, ia menaikkan tarif sewa seluruh pasar milik Pemkot Palembang.

Kepada Bisnis Syariah, Minggu (8/5), ia mengatakan bahwa kenaikan sewa kios maupun retribusi harus dilakukan. Karena rendahnya kontribusi pasar pada pendapatan daerah disebabkan kurang terobosan.

“Pertengahan tahun mendatang, dipastikan harga sewa seluruh pasar di Palembang akan mengalami kenaikan. Tinggal menunggu pengesahan dari Walikota saja,” ucapnya.

Lebih lanjut diterangkan kerabat dekat mantan Walikota Palembang Romi Herton ini,  tentang proses kenaikan tarif  sewa pasar. Hasil survei menggambarkan, tarif sewa yang diterapkan sekarang tidak lagi sesuai.

Tarif itu mengacu pada Perwali yang ditetapkan tahun 2011. Hasil rapat bersama memutuskan bahwa kenaikan tarif berkisar 20 persen dari sewa selama ini. Namun, untuk retribusi harian tetap Rp 5.000.

“Kita tinggal menunggu diterbitkannya Peraturan Walikota,” jelasnya.

‪Kenaikan tarif ini, lanjutnya, mengacu pada survei yang dilakukan Tim PD Pasar ke sejumlah kota besar. Di antaranya Bogor, Bandung, dan Surabaya.

‪”Hasil survei kita menggambarkan sewa yang diterapkan sekarang sudah pantas naik,” ungkapnya.

‪Seperti di Pasar Cinde yang masuk kategori A , kata dia, hanya berkisar Rp 250 ribu per tahun. Jelas sudah tidak sesuai dengan kondisi, terlebih saat ini hampir sebagian besar terus diperbaiki.

‪”Jadi kita putuskan harga sewa seluruh pasar harus naik. Namun, kalau Perwali sudah terbit, kita pasti akan lakukan sosialisasi lebih dulu ke pedagang, tidak langsung dinaikkan,” ucapnya. [ida]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *