Home / Daerah / 99,89 % Paspor Jemaah Kabupaten Bogor Sudah Diserahkan ke Kanwil Provinsi

99,89 % Paspor Jemaah Kabupaten Bogor Sudah Diserahkan ke Kanwil Provinsi

99,89 % Paspor Jemaah Kabupaten Bogor Sudah Diserahkan ke Kanwil Provinsi
Deden Effendi, Pelaksana Tugas Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor.

Bogor, Bisnis Syariah – Pelaksana Tugas Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor, Deden Effendi menegaskan, bahwa seluruh paspor jemaah haji Kabupaten Bogor sudah diserahkan ke Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat.

“Berdasarkan laporan yang saya terima sudah hampir semuanya. Yang tertinggal baru 3 jemaah, dan hari ini langsung diserahkan ke Kanwil. Jadi, 99, 89 persen paspor jemaah sudah selesai diserahkan,” terangnya ketika ditemui Bisnis Syariah di ruang kerjanya, Rabu siang, (27/07/2016).

Ia kembali menyampaikan, pengiriman paspor secepatnya dilakukan untuk memudahkan pengurusan visa. Sehingga, tidak terjadi kembali seperti tahun-tahun sebelumnya, jemaah sudah mau terbang visa belum ditangan.

“Hal itu disebabkan antara lain sistem penyelenggaraan haji tidak lagi seperti dua tahun sebelumnya. Pemerintah Kerajaan Arab Saudi sudah mengeluarkan kebijakan baru. Dan sejak tahun lalu sudah menggunakan sistem E-Hajj sehingga penyelenggaraan haji serba online, cepat dan tepat. Dan, Indonesia menjadi satu-satunya negara untuk uji coba kebijakan baru tersebut,” pungkasnya.

Lanjut dia, kuota haji Kabupaten Bogor masih sama dengan tahun lalu yakni 2811 porsi. “Tidak ada penambahan. Tidak pengurangan. Masih sama dengan tahun lalu,” terang Deden lagi. (rio)