Home / Ragam / Adventure Jelajah Hutan, Ajang Promosi Pariwisata Kabupaten Bengkulu Selatan

Adventure Jelajah Hutan, Ajang Promosi Pariwisata Kabupaten Bengkulu Selatan

Bisnissyariah.co.id Ratusan peserta Adventure Wisata Alam Sekundang (AWAS) memadati kawasan Lapangan Sekundang di Kota Manna guna menjelajahi hutan liar di Kabupaten Bengkulu Selatan akhir pekan ini. Petualangan jelajah hutan ini dilangsungkan selama dua hari.

Peserta jelajah hutan ini melintasi rute sejauh 50 kilometer dengan melewati lima kecamatan dan dua sungai besar di Bengkulu Selatan. Mereka akan diuji kemampuan fisik, mental dan kendaraan dalam menembus berbagai rute ekstrim, sekaligus menikmati wisata alam dan kearifan lokal masyarakat setempat.

Para offroaders akan menjelajahi rimba Bacang Lubuk Sirih-Padang Gilang di Kecamatan Manna, lalu menuju Desa Durian Seginim dengan menyisir Sungai Air Nipis sekira 500 meter, setelah itu melewati Desa Muara Danau di Kecamatan Seginim.

Mereka juga menyeberangi Sungai Bengkenang Besar dan Bengkenang Buntu. Dari sana, perjalanan berlanjut menuju Desa Padang Jawi, Desa Lubuk Ladung dan Desa Air Sulau di Kecamatan Kedurang Ilir. Di desa inilah, mereka akan bermalam dengan menikmati sajian lokal.

Besok (Minggu, 12/11), para peserta penjelajahan hutan liar itu akan beranjak dari Desa Air Sulau menuju ke Desa Sukarami di Kecamatan Kedurang Ilir, lalu melintasi Hutan Matai di Kecamatan Bunga Mas. Garis akhir perjalanan offroaders berada di Pantai Pasar Bawah, Kecamatan Pasar Manna.

Bupati Kabupaten Bengkulu Selatan Dirwan Mahmud mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk promosi kepariwisataan di daerahnya, sekaligus dalam rangka memperingati Hari Pahlawan.

“Inovasi dan kreativitas perlu dikembangkan guna menunjang keragaman destinasi wisata, yakni mengacu pada potensi alam serta budaya lokal yang dimiliki Bengkulu Selatan,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Dirwan pihaknya akan memberi perhatian dan dukungan dalam menjadikan pariwisata sebagai salah satu sektor unggulan.

“Kegiatan ini nantinya akan dimasukkan dalam agenda tahunan guna menarik minat para offroaders se-Indonesia supaya mencoba jalur ekstrim pemicu adrenalin di Bengkulu Selatan,” imbuh Bupati Dirwan Mahmud seperti dimuat RMOL Bengkulu. [amelia/mel]