Home / Ragam / Rudenim Kalideres Overload, Pencari Suaka Menggelandang Di Trotoar

Rudenim Kalideres Overload, Pencari Suaka Menggelandang Di Trotoar

Bisnis Syariah Sebagian para pencari suaka terpaksa berhamparan di luar Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Jakarta di Jalan Peta Selatan, Kalideres, Jakarta Barat. Di antaranya ada yang masih anak-anak, ibu hamil dan balita.

Mereka mengandalkan terpal dan karton untuk alas duduk. Kondisi ini praktis menarik perhatian para pengguna jalan sekitar.

Kepala Rumah Detensi Imigrasi Jakarta, Morina Harahap menjelaskan, kapasitas ruang tampung detensi imigrasi telah overload dari total 56 orang, sekarang bertambah sekitar 480 pencari suaka.

“Ruang penampungan di Rumah Detensi Imigrasi sudah overload. Sehingga kami tidak dapat menampung lagi,” ujar Morina.

Pihaknya sudah berkoordinasi baik dengan pemerintah kota maupun Pempriv DKI untuk mencari solusi penampungan bagi para pencari suaka. Sejauh ini hanya sebatas pengawasan sesuai Peraturan Presiden nomor 125/2016.

“Jadi dalam peraturan itu, tugas pengamanan ketertiban adalah polisi dan Satpol PP Sedangkan dalam penyediaan penampungan adalah Pemprov DKI Jakarta yakni Dinas Sosial,” jelasnya.

Morina menambahkan, upaya lainnya dengan berkoordinasi dengan International Organization for Imigration (IOM).

“Kami juga coba menghubungi IOM untuk menanyakan penampungan yang kosong. Ternyata pihak sana juga bilang sudah penuh,” bebernya.

Para pengungsi kaum ibu dan anak serta balita yang sebelumnya di trotoar, sebagian sudah ditampung di Musala Al Istiqomah, Jalan Kalideres Permai.[wid]