Home / Nasional / Haji & Umrah / Soal Pengunduran Diri Abu Tour dari Asosiasi, Inilah Penjelasan Ketum Asphurindo

Soal Pengunduran Diri Abu Tour dari Asosiasi, Inilah Penjelasan Ketum Asphurindo

Soal Pengunduran Diri Abu Tour dari Asosiasi, Inilah Penjelasan Ketum Asphurindo
Ketua Umum Asphurindo, H. Syam Resfiadi (tengah berpeci putih/foto : istimewa)

Jakarta, Bisnis Syariah – Belum lama ini tersiar kabar yang datang dari salah satu travel penyelenggara umrah di Makassar, Sulawesi Selatan yang menyebutkan secara resmi, mengundurkan diri dari Asosiasi Penyelenggara Haji Umrah dan Inbound Indonesia (Asphurindo) pada Selasa (16/01/2018).

“Ya, benar Abu Tour sudah mengajukan pengunduran diri sebagai anggota Asphurindo kepada pengurus beberapa waktu lalu. Pengunduran Abu Tours berkaitan erat dengan kasus yang mendera mereka akhir-akhir ini,” pungkas Syam Resfiadi, Ketua Umum Ashpurindo ketika dikonfirmasi Bisnis Syariah, Kamis siang, (18/01/2018).

Alasan lainnya, imbuh Syam, yakni Abu Tour tak ingin menyulitkan Asphurindo sebagai asosiasi yang menaungi Abu Tour dalam persoalan yang mereka alami saat ini. “Mereka mengerti karena namanya sedang jatuh, jadi tidak ingin merugikan nama baik asosiasinya, sehingga mereka memutuskan mengundurkan diri,” tandas Syam yang juga sehari-hari menjabat sebagai Direktur Utama Patuna Tour & Travel ini.

Abu Tour belakangan memang tengah menjadi sorotan publik akibat kesulitan memberangkatkan sebanyak 27 ribu jamaahnya. Berbagai pihak menilai kesulitan itu merupakan dampak dari promo umrah umrah dengan harga tak rasional yang dilaporkan sebesar Rp. 14 juta.  Abu Tour pun kini tengah dalam pengawasan langsung dari Kementerian Agama, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Mabes Polri.

Syam menerangkan, keluar masuknya biro travel dari Asosiasi bukan hal yang aneh, malah sudah biasa terjadi. Meskipun menurutnya, dirinya bersama Asphurindo akan selalu siap untuk mendampingi setiap anggotanya, termasuk Abu Tour. “Kita doakan saja semoga Allah Swt menolong kita dan memberikan yang terbaik untuk mereka. Pengurus Asphurindo siap memberikan pendampingan kepada setiap anggota yang mengalami persoalan di lapangan. Namun, Abu Tour memilih kebijakannya sendiri. Dan itu harus dihormati,” kata Syam lagi. (jajang/rahmat)