Home / Daerah / Sumsel Syariah / Bermasalah.. Rp800 Juta Dana Desa di OKU Dibekukan

Bermasalah.. Rp800 Juta Dana Desa di OKU Dibekukan

Bisnis Syariah Sekitar Rp800 juta dana Desa tahap II tahun anggaran 2017 untuk dua desa di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dibekukan karena diduga terdapat masalah dalam penggunaan anggaran tersebut.

“Dana tersebut berasal dari dua desa di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), yakni Desa Pedataran dan Ulak Lebar,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) OKU, Ahmad Firdaus, kepada Bisnis Syariah, Jumat (23/2).

Firdaus mengemukakan, dua desa yang tidak bisa mencairkan Dana Desa (DD) tahap II 2017 karena diduga terjadi masalah dalam penggunaan anggaran tahap sebelumnya.

“Sehingga hasil rekomendasi dari Inspektorat OKU, DD tahap II Desa Pedataran dan Ulak Lebar tidak bisa dicairkan,” kata Firdaus.

Dia menegaskan, kedua desa tersebut akan menerima sanksi dari pemerintah akibat masalah ini dan akan diproses hukum jika dalam penyelidikan ditemukan adanya kerugian negara.

“Kalau tidak salah sanksinya tahun ini DD untuk dua desa tersebut dikurangi, tapi berapa nilainya saya kurang hafal,” tegas Firdaus.

Dampak dari dana desa tersebut dibekukan, sambung Firdaus, Pemerintah Kabupaten OKU mendapat teguran dari BPK perwakilan Sumatera Selatan.

“Surat teguran dari BPK sudah pernah disampaikan pak Bupati OKU kepada kami pada rapat staf belum lama ini,” ujarnya.[rik]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *