Home / Ekonomi / Hari Ini Menag Buka Rakernas Baznas

Hari Ini Menag Buka Rakernas Baznas

Hari Ini Menag Buka Rakernas Baznas Bali, Bisnis Syariah – Menteri Agama (Menag), Lukman Hakim Saifuddin, membuka Rapat Kerja Zakat Nasional (Rakernas) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Baznas dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) se-Indonesia, bertekad memperkuat  kapabilitas Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) untuk pembangunan kesejahteraan nasional.

Demikian dikemukakan Ketua Baznas, Bambang Sudibyodalam laporan yang disampaikan pada Rakernas 2018. Acara ini dibuka Menag, Lukman Hakim Saifuddin di Hotel Grand Inna Bali Beach, Sanur, Denpasar Selatan, Bali, Rabu (21/03/2018).  Turut mendampingi, Wakil Ketua Baznas, Zainulbahar Noor, Deputi Baznas, M. Arifin Purwakananta, Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama yang juga Anggota Baznas, Muhammadiyah Amin, Sekretaris Baznas yang juga Ketua Panitia Rakernas 2018, H. Jaja Jaelani, Direktur Pendistribusian, Mohd. Nasir Tajang dan Direktur Operasi, Wahyu TT. Kuncahyo.

“Rakernas semakin memperkuat koordinasi zakat nasional. Kali ini mengambil tema ‘Penguatan Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) Untuk Pembanguan Kesejahteraan Nasional’,” ujar Bambang lagi. Menurut mantan Menteri Pendidikan Nasional itu,  hal tersebut selaras dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pegelolaan Zakat dan PP Nomor 14 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Pengelolaan Zakat. Di mana, tutur Bambang, zakat sudah menjadi urusan negara dan pelaksanaan amanah pengelolaan zakat tersebut diserahkan kepada Baznas dibantu oleh Lembaga Amil Zakat (LAZ).

“Karena itu, kelembagaan dan sistem kerja Baznas dan LAZ selaku OPZ harus senantiasa diperkuat agar menjadi organisasi pemangku amanah ZIS yang kredibel dan bisa meringankan beban pemerintah meningkatkan kesejahteraan rakyat,” kata bekas Menteri Keuangan ini.  Bambang menjelaskan, rakernas diikuti para pimpinan Baznas pusat, Baznas provinsi, Baznas kabupaten/kota, LAZ tingkat nasional, provinsi dan kabupaten/kota.

“Rakernas kali ini diikuti 700 orang peserta dari seluruh Indonesia. Kali ini, Bali dipilih sebagai tempat rakernas untuk mendorong Baznas dan LAZ di daerah di mana Muslim adalah minoritas tetap bisa menjalankan fungsinya dengan baik dalam suasana saling menghormati antara sesama umat yang berbeda agama” ucap dia kembali. (maman suryaman)