Home / Ragam / BNPB Sosialisasi Siap Untuk Selamat

BNPB Sosialisasi Siap Untuk Selamat

Bisnis Syariah Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan sosialisasi Hari Kesiapsiagaan Bencana tahun 2018 yang jatuh setiap tanggal 26 April.

Kepala BNPB, Willem Rampangilie menjelaskan bahwa acara ini didasari fakta dan data yang ada bahwa negara Indonesia rawan bencana.

“Kita tahu bahwa Indonesia ini adalah negara yang amat sangat rawan terhadap bencana kita tahu juga bahwa negara kita ini dilalui oleh cincin api pasifik,” ujarnya di arena Car Free Day, Bundaran Hotel Indonesia, Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (15/4).

Ia juga menyebutkan ada 150 juta jiwa rakyat Indonesia yang tinggal di daerah rawan bencana gempa, 60 juta jiwa tinggal di daerah rawan banjir, 40 juta jiwa tinggal di daerah rawan longsor, 4 juta jiwa tinggal di daerah rawan bencana tsunami dan 1.1 juta jiwa tinggal di sekitar gunung api yang rawan terhadap erupsi gunung api.

Acara ini juga dihadiri oleh ratusan partisipan, mereka mengenakan kaos perpaduan warna oranye putih bertuliskan #Siap Untuk Selamat.

Untuk mewujudkan Indonesia tangguh bencana, terang Willem, BNPB merasa perlu memberikan pemahaman-pemahaman tentang ancaman bencana sehingga masyarakat dapat terbangun kesadarannya.

Willem menegaskan bahwa upaya yang sudah dilakukan oleh BNPB ini agar semua masyarakat Indonesia dapat selamat dari bencana.

“Sehingga kita bisa mewujudkan masyarakat yang sadar bencana yang pada akhirnya orang semua itu bisa selamat dari bencana. Oleh karna itu tagline kita adalah siap untuk selamat,” tukasnya.[wid]