Home / Nasional / Haji & Umrah / Kenapa Dalam Setiap Penyelenggaraan Haji Itu Selalu Muncul Permasalahan? Nih, Penjelasan Pemerintah

Kenapa Dalam Setiap Penyelenggaraan Haji Itu Selalu Muncul Permasalahan? Nih, Penjelasan Pemerintah

Kenapa Penyelenggaraan Haji Itu Penuh Persoalan?. Nih, Penjelasan Pemerintah
Peserta kegiatan desiminasi advokasi haji sedang foto bersama dengan Muhajirin Yanis (tengah berkemeja putih) di salah satu hotel terkemuka di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa pagi, (10/04/2018)

Bogor, Bisnis Syariah – Sekretaris Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kementerian Agama, Muhajirin Yanis mengatakan, dari ratusan ribu calon jemaah haji yang berangkat setiap tahunnya, ternyata sebagian besarnya berlatar pendidikan SD. Dan bahkan ada yang tidak pernah sama sekali mengenyam bangku sekolah.

“Faktanya, berdasarkan data statistik yang ada, ternyata 60 persen jemaah haji berpendidikan lulusan SD. Hanya 200 orang lulusan S3. Bahkan ada yang tidak sekolah sama sekali,” pungkas Muhajirin Yanis ketika menjadi nara sumber dalam kegiatan diseminasi advokasi haji di salah satu hotel terkemuka di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa pagi, (10/04/2018).

Sehingga, sambung Yanis, mengurus haji itu tidaklah semudah yang dibayangkan banyak orang. Sebab, banyak faktor-faktor yang mempengaruhi selalu munculnya berbagai persoalan dalam penyelenggaraan haji tersebut. “Antara lain penyelenggaraan haji itu melibatkan banyak orang. Lalu, keragaman strata sosial calon jemaah haji itu berbeda-beda. Kemudian dilakukan di luar negeri, dengan pelaksanaan dalam satu tempat dan waktu. Sehingga, mengurus haji itu menjadi unik dan penuh tantangan. Sehingga, dalam setiap pelaksanaannya, perlu bantuan campur tangan Allah Swt. Makanya banyak-banyaklah berdoa, bekerja keras dan tidak sombong,” pesan Yanis lagi. (maman suryaman)