Home / Nasional / Haji & Umrah / Setelah Dibentuk, Sekjen Kemenag Minta Subdit Advokasi Haji Bisa Masuk Menangani Permasalahan Umrah

Setelah Dibentuk, Sekjen Kemenag Minta Subdit Advokasi Haji Bisa Masuk Menangani Permasalahan Umrah

Setelah Dibentuk, Sekjen Kemenag Minta Subdit Advokasi Haji Bisa Masuk Menangani Permasalahan UmrahJakarta, Bisnis Syariah – Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Nur Syam meminta Subdit Advokasi Haji bisa berperan lebih besar lagi dalam pemetaan permasalahan yang terjadi di penyelenggaraan haji dan umrah. Begitu kompleksnya persoalan penyelenggaraan umrah yang terjadi akhir-akhir ini di tengah-tengah masyarakat, membuat sebagian besar pihak berharap pemerintah dapat segera menangani persoalan tersebut, hingga tidak terulang lagi di masa-masa mendatang.

“Untuk itu, saya meminta Subdit Advokasi Haji ini tidak saja memetakan permasalahan permasalahan yang terjadi di haji saja, namun juga dapat masuk memetakan permasalahan yang terjadi di dalam dunia penyelenggaraan umrah, yang memang korbannya sangat banyak dan sungguh sangat memprihatinkan,” pesan Nur Syam kepada puluhan peserta kegiatan Diseminasi Advokasi Haji di kawasan Sentul, Bogor, Selasa siang, (10/04/2018).

Jadi, sambung Nur Syam, penting membuat peta masalah tersebut. “Misalnya pemetaan masalah itu bisa dilakukan dengan membuat identifikasi permasalahan itu. Seperti apa masalahnya, jenis masalahnya, siapa penanggung jawabnya, dan siapa saja yang perlu diadvokasi oleh subdit advokasi haji ini. Bikin matriksnya. Jadi, dengan peta seperti itu, maka akan memudahkan kita mengurai benang kusut ini,” imbuh Nur Syam lagi. (aan/rio)