Home / Nasional / Haji & Umrah / Soal Cara Menggunakan Toilet, Sesdirjen Haji Yanis : Banyak Jemaah Yang Tidak Paham Tentang Itu

Soal Cara Menggunakan Toilet, Sesdirjen Haji Yanis : Banyak Jemaah Yang Tidak Paham Tentang Itu

Soal Cara Menggunakan Toilet, Sesdirjen Haji Yanis : Banyak Jemaah Yang Tidak Paham Tentang ItuBogor, Bisnis Syariah – Sekretaris Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kementerian Agama, Muhajirin Yanis menyebutkan, tidak seluruh calon jemaah haji Indonesia paham cara penggunaan toilet. Tidak sedikit calon jemaah yang mengaku sulit menggunakan toilet, baik saat berada di dalam pesawat, maupun pemomdokan.

Oleh sebab itu, peran serta seluruh pihak yang terkait sangat diperlukan untuk membantu mengatasi persoalan tersebut. “Jangan sampai jemaah bingung, ketika berada di dalam toilet. Ini bukan menjadi tugas pemerintah saja, tapi juga menjadi tanggung jawab KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji) yang bisa disampaikan dalam pelaksanaan kegiatan manasik. Tolong ini juga diperhatikan,” pungkas Muhajirin Yanis dihadapan 50 peserta kegiatan diseminasi advokasi haji di salah satu hotel terkemuka di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa pagi, (10/04/2018).

Sehingga, sambung Yanis, melihat kondisi yang demikian, tidaklah salah jika banyak yang menyebutkan, bahwa penyelenggaraan haji di Indonesia itu terbilang unik. “Kenapa begitu? Ya, itu salah satunya. Jangankan paham soal yang lainnya, memahami penggunaan toilet saja sulit. Bagaimana mau yang lainnya. Jadi, pantaslah jika ada yang bilang, panitia yang ngurus haji ini luar biasa. Sebab, yang diurus ini hajatan Allah Swt. Bukan hajatan biasa,” imbuh bekas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Gorontalo ini lagi. (maman suryaman)