Home / Ragam / Si JET Hadir Untuk Solusi Cegah TBC Di Jakarta Barat

Si JET Hadir Untuk Solusi Cegah TBC Di Jakarta Barat

Bisnissyariah Demi mencegah meluasnya kasus penyakit TBC kini hadir Siklus Jejaring Tuberculosis (Si JET), dengan bertujuan mengoptimalkan penemuan dan pengendalian TBC di wilayah Cengkareng, Jakarta Barat, Jakarta.

Kepala Puskesmas Kecamatan Cengkareng Nurmari Wahyu Hapsari, menjelaskan peluncuran aplikasi Si JET ini merupakan inovasi untuk meningkatkan kinerja program TBC.

“Setiap kader, klinik swasta dan dokter praktek yang berkomitmen untuk program TBC di wilayah Kecamatan Cengkareng dapat mengakses aplikasi ini dan melaporkan langsung ke Puskesmas Kecamatan Cengkareng, untuk laporan awal yang dimasukkan adalah data pribadi terduga TBC, identifikasi gejala TBC dan ada tidaknya kontak dengan pasien TBC di keluarga,” ujar Nur di Cengkareng, Senin (16/7).

Dengan aplikasi Si JET ini, diharapkan dapat dilakukan pelaporan penemuan real time (segera) setelah pasien yang diduga menderita TBC, ditemukan sehingga pengobatan dapat dilakukan lebih cepat dan penyebaran bakteri TBC dapat dicegah di lingkungan tempat pasien tinggal.

“Tim kesehatan akan turun ke lokasi pasien terduga TBC tersebut untuk melakukan identifikasi ulang sekaligus edukasi ke keluarga dan lingkungannya tentang penyakit TBC,” tambahnya.

Dengan adanya Si JET warga Cengkareng, Jakarta Barat diharapkan semakin peduli dengan penyakit TBC. Sehingga dapat mencegah tersebarnya penyakit TBC. Dan tentunya program ini membantu pemerintah dalam menuruni angka pengidap TBC. [fiq]