Home / Ragam / Kapolda Banten Yang Baru Diharapkan Bisa Atasi Radikalisme

Kapolda Banten Yang Baru Diharapkan Bisa Atasi Radikalisme

Bisnissyariah Pucuk pimpinan Polda Banten segera dirotasi. Kapolda Banten saat ini yaitu Brigjen Listyo Sigit Prabowo akan segera naik pangkat sebagai Kadiv Propam Mabes Polri, sementara posisi yang ditinggal akan ditempati oleh Brigjen Teddy Minahasa.

Ketua Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Hukum Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa (IKA FH Untirta), Arfin Kommizanzili mengaku sangat optimistis Teddy Minahasa akan mampu menjalankan tugasnya sebagai pimpinan kepolisian di Banten.

Utamanya menjalankan tugas penegakan hukum dengan tetap merangkul semua pihak, khususnya ulama, tokoh masyarakat, LSM dan sesama aparat penegak hukum seperti kejaksaan dan pengacara.

“Kami juga menaruh harapan besar Kapolda Banten ke depan bisa mengatasi aksi radikalisme yang mengatasnamakan agama,” kata Arfin dalam keterangan tertulis, Kamis (16/8).

Ditekankan Arfin, tugas kepolisian di wilayah provinsi paling barat Pulau Jawa itu ke depan tidak lah mudah. Apalagi, tidak lama lagi akan dilangsungkan pesta rakyat lima tahunan yaitu Pemilu yang pertama kali dilakukan secara serentak.

Lebih lanjut diakuinya jumlah personel Polda Banten tentu tak kan mampu mencover seluruh wilayah yang sangatlah luas. Karena itu, menurut dia penting bagi Kapolda baru nanti terjun langsung ke lapangan demi membangun komunikasi dengan kelompok-kelompok masyarakat di Banten.

“Agar masyarakat ini bisa turut dirangkul dan dilibatkan untuk membantu tugas aparat kepolisian,” imbuhnya.

Tidak lupa, Arfin pun mengingatkan, Banten sebagai provinsi yang sangat vital dan strategis karena berdekatan dengan ibukota Jakarta dan memiliki demografi masyarakat yang multikultural. Wilayah tersebut juga kata dia sangat rentan aksi kriminalitas. Sebab, Banten merupakan daerah persinggahan penduduk dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa.

Meski demikian, pihaknya mengaku tetap optimistis kapolda baru bisa langsung melanjutkan tugas Listyo yang notabene sudah baik memimpin Polda Banten dengan tetap memberikan rasa aman kepada seluruh masyarakat.

“Saya yakin calon Kapolda Banten orang yang berprestasi dan sudah teruji mampu menjaga nama baik institusi kepolisian,” demikian Arfin.

Berdasarkan surat telegram rahasia bernomor ST/2015/VIII/Kep/2018 dan ST/2014/VII/Kep/2018, Kapolri Jenderal Tito Karnavian melakukan mutasi dan rotasi Kapolda Banten. Isi dari surat tersebut adalah Kapolda Banten akan diisi Brigjen Teddy Minahasa Putra yang sebelumnya Kepala Biro Pengamanan Internal Divisi Propam Polri. Sedangkan, Brigjen Listyo Sigit Prabowo yang sebelumnya Kapolda Banten akan menjabat Kadiv Propam. [rus]