Home / Ragam / Inilah Syarat Bagi Warga DKI Untuk Dapat Rumah DP 0 Rupiah

Inilah Syarat Bagi Warga DKI Untuk Dapat Rumah DP 0 Rupiah

Bisnissyariah Program Rumah DP 0 Rupiah telah diluncurkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Klapa Village, Jakarta Timur, Jumat (12/10).

Ada sebanyak 780 unit rusunami yang disediakan dalam program ini.

Namun demikian, ada syarat yang harus dipenuhi oleh warga DKI yang ingin mendapatkan rumah tersebut.

Secara umum, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yakni warga pemilik KTP DKI dan telah tinggal di Jakarta sekurang-kurangnya 5 tahun.

Warga yang bersangkutan merupakan warga yang belum punya rumah sendiri, tidak pernah menerima subsidi rumah, berpenghasilan Rp 4 juta hingga Rp 7 juta setiap bulan, dan harus taat pajak.

Rumah ini juga diprioritaskan kepada warga yang telah menikah. Sementara bagi warga yang terpilih, nantinya wajib memiliki rekening Bank DKI.

Selain syarat umum tersebut, ada juga syarat administrasi yang harus dipenuhi. Syarat itu antara lain, memiliki KTP DKI Jakarta minimal 5 tahun saat mengajukan permohonan, Kartu Keluarga (KK), surat permohonan fasilitas pembiayaan rumah MBR, surat pernyataan penghasilan, belum memiliki rumah, belum menerima subsidi perumahan.

Selanjutnya, memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan Surat Nikah atau Akta Nikah yang dikeluarkan oleh instansi yang berwenang.

Nantinya, para pendaftar akan melewati proses seleksi dengan tiga tahapan. Pertama, verifikasi Pemerintah Daerah, yaitu Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman DKI Jakarta. Kedua, verifikasi Bank Pelaksana, yaitu Bank DKI. Terakhir, penetapan Daftar Normatif Penerima Manfaat. [ian]