Home / Ragam / Pasca Gempa, Lebih dari 90 Pelanggan Listrik Fasilitas Umum Prioritas Telah Menyala

Pasca Gempa, Lebih dari 90 Pelanggan Listrik Fasilitas Umum Prioritas Telah Menyala

Bisnissyariah Kondisi kelistrikan wilayah Palu, Donggala dan Sigi kembali normal, setelah PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) berhasil memperbaiki 7 Gardu Induk serta 45 Penyulang yang sempat mengalami kerusakan akibat gempa bumi dan tsunami.

Bedasarkan Laporan PT PLN, hingga Senin (8/10) pukul 23.00 WITA, sebanyak 95 pelanggan listrik fasilitas umum prioritas telah kembali menyala, mayoritas adalah kantor pemerintahan, rumah sakit, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), titik-titik perekonomian dan rumah ibadah.

“Berdasarkan Laporan PT PLN, pelanggan fasilitas umum priorotas tersebut rinciannya adalah 15 pelanggan kantor pemerintah, termasuk TNI dan Polri, 8 rumah sakit, 11 SPBU, 15 titik perekonomian, termasuk 1 mall dan 1 swalayan. Selain itu, 18 Base Transceiver Station (BTS), 10 perbankan dan ATM serta 2 kantor Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) juga sudah menyala. Rumah ibadah yang terdiri dari 9 masjid dan 7 gereja juga listriknya telah menyala,” terang Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Agung Pribadi, Selasa (9/10).

Personil yang terlibat dalam penormalan ini adalah berjumlah 1.237 orang, yang terdiri dari tenaga pembangkitan, tenaga transmisi, tenaga distribusi, tenaga logistik dan tenaga kesehatan.

“Pulihnya sistem kelistrikan ini terlihat dari menggeliatnya aktivitas di beberapa sarana dan fasilitas umum yang listriknya sudah menyala, seperti Kantor Pemerintahan, Rumah Sakit, Masjid, Bank, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), Gereja dan Jalan Protokol,” pungkas Agung.¬†[jto]