Home / Ragam / Longsor Di Ancol, Anies Koreksi Pengerjaan Pengerukan Kali

Longsor Di Ancol, Anies Koreksi Pengerjaan Pengerukan Kali

Bisnissyariah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjanji akan meninjau longsor di bantaran anak Kali Ciliwung di Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara yang terjadi Minggu malam (18/11).

Longsor mengakibatkan enam keluarga terpaksa diungsikan ke tempat yang aman.

“Nanti saya akan periksa seperti apa kondisinya. Karena sejauh ini laporan dapat laporan dari camat Pademangan ada enam KK (kepala keluarga) yang diungsikan dan dibuatkan tempat tinggal sementara,” jelasnya Anies di Balai Kota, Senin (19/11).

Longsor diduga karena adanya aktivitas perbaikan bantaran kali yang dilakukan Dinas Sumber Daya Air DKI. Karena belum tuntas perbaikan yang dilakukan maka tanah mengalami amblas.

Secara teknis, salah satu kendala yang dihadapi Dinas SDA adalah pengerukan pada dinding kali yang tidak selalu memiliki pondasi kuat sehingga rawan amblas.

Menurut Anies, kejadian itu akan dijadikan bahan koreksi pihaknya agar lebih berhati-hati dalam melakukan kegiatan perbaikan.

“Begitu mengeruknya agak ke pinggir potensi longsor menjadi tinggi. Sementara bila dilakukan pengerukan hanya di tengah efektifitasnya menurun. Jadi nanti menjadi bagian dari koreksi kita,” jelasnya.¬†[wah]¬†