Home / Ragam / Wapres JK Perkenalkan Entrepreneurship Bureaucracy

Wapres JK Perkenalkan Entrepreneurship Bureaucracy

Bisnissyariah Pengurusan surat di pemerintahan kerap menghambat para pengusaha dalam mengembangkan usahanya, karena itu saat ini hadir entrepreneurship bureaucracy.

Hal ini terjadi karena kerja antara birokrasi dengan pengusaha berbeda jauh. Bila birokrasi mementingkan prosedur baru hasil, lain halnya pengusaha yang mengutamakan hasil sementara prosedur dapat menyesuaikan.

“Birokrasi selalu mengutamakan, mendahulukan prosedur, baru hasil. Berbeda dengan pengusaha, mendahululan hasil dan prosedur dapat diubah dengan mudah. Karena itu timbulah suatu upaya yang mengatakan entrepreneurship bureaucracy,” ujar Wakil Presiden, Jusuf Kalla saat membuka Indonesia Public Service Forum 2018 di JCC, Jakarta, Rabu (7/11).

JK sapaan akrabnya menjelaskan, hasil dan prosedur sebenarnya bisa digabungkan sehingga berdampak pada birokrasi yang bersih dan cepat.

“Jadi birokrasi yang bekerja berdasarkan entrepreneur. Yang artinya, bagaimana hasil dan prosedur dapat digabungkan sehingga birokrasi itu menjadi cepat, bersih dan tentunya mempunyai hasil yang cepat,” tambahnya.

Dengan begitu, dari segi biaya dan efektivitas waktu mengurus birokrasi lebih mudah dan cepat. Ini juga membantu para wirausahawan dalam melakukan kegiatan perekonomian mereka.

“Sama dengan apa yang dijalankan oleh entrepreneur,” tutup JK. [rus]