Home / Ragam / Pemerintah Jamin Pemulihan Di Wilayah Terdampak Tsunami

Pemerintah Jamin Pemulihan Di Wilayah Terdampak Tsunami

Bisnissyariah Pemerintah melalui kementerian dan lembaga terkait terus melakukan penanganan dampak tsunami Selat Sunda.

Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan, pihaknya telah menyerahkan berbagai bantuan, baik evakuasi korban maupun logistik.

“Dana siap pakai senilai Rp 500 juta, 414 paket makanan siap saji, 1098 paket lauk pauk, 512 paket makanan tambahan gizi, 100 kantong mayat, 10 set tenda pengungsi, tiga set tenda RSL, unit AC, dan 10 unit genset,” jelasnya di Kantor BNPB, Jalan Pramuka Raya, Jakarta, Jumat (28/12)

Menurut Sutopo, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika juga telah memasang enam alat sensor di sekeliling Gunung Anak Krakatau. Alat itu diklaim mampu mendeteksi getaran hingga Magnitudo 3,4.

Selain itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika juga memastikan bahwa 99,1 persen layanan telekomunikasi sudah pulih di wilayah terdampak tsunami Selat Sunda.

Untuk kesehatan, Kementerian Kesehatan telah mendirikan sembilan pos Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Pandeglang, satu di Kabupaten Serang dan RSUD Berkah. Dan RSUD Drajat Prawiranegara ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan korban tsunami.

Sementara, pasokan listrik di wilayah terdampak tsunami berangsur pulih. Di mana, saat ini sudah mencapai 65 persen.

“Selain itu, Pertamina juga telah menyiagakan 425 pangkalan gas Elpiji tiga kilogram di Pandeglang untuk mencukupi kebutuhan masyarakat akan bahan bakar,” imbuh Sutopo. [wah]  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *