Home / Ragam / Tinjau Tol Semarang-Solo, Ganjar Pastikan Siap Layani Libur Akhir Tahun

Tinjau Tol Semarang-Solo, Ganjar Pastikan Siap Layani Libur Akhir Tahun

Bisnissyariah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memastikan jalan tol ruas Salatiga-Surakarta dapat digunakan saat libur natal dan tahun baru. Saat ini, progres pengerjaan menyisakan finishingtalut, jembatan dan dinding tepi jalan.

Hal itu dikemukakan Ganjar saat mengunjungi proyek jalan tol tersebut, Jumat (14/12). Kunjungan diawali dari pintu tol Jatingaleh Semarang menuju exit tol Salatiga.

“Sudah siap, untuk jalan utama sudah tembus (Semarang – Solo). Tinggal finishing yang kiri kanan ada talut harus diselesaikan, juga jembatan,” ujar dia.

Ganjar mengatakan, Menteri BUMN Rini Soemarno juga telah menjajal jalan tol ini dalam Ekspedisi Tembus Tol Transjawa beberapa waktu lalu.

“Ternyata kemarin ibu menteri (Rini,red) sudah lewat (ketika acara) ekspedisi Tol Transjawa. Dan sudah dicoba semua. Kita mau pastikan. Ujicobanya libur natal tahun baru ini. Insya Allah sudah siap semuanya,” katanya.

Jalan tol Semarang-Solo memiliki panjang total 72,64. Untuk tol Semarang-Salatiga telah beroperasi sejak tahun lalu. Sementara ruas tol Salatiga-Kartosuro sepanjang 32,6 km rencananya akan diresmikan pada 20 Desember mendatang.

“Rencana tanggal 20 Desember mau dibuka oleh Presiden. Sekaligus jalan sampai tahun baru,” kata Ganjar.

Dengan selesainya pengerjaan jalan tol tersebut, waktu tempuh Semarang – Solo kini menjadi hanya 1,5 jam dari waktu normal sekitar 3 jam.

“Orang Semarang yang ingin ke Solo cukup 1,5 jam atau sebaliknya. Kalau santai-santai ya dua jam sambil ngopi-ngopi, mau istirahat sambil lihat pemandangan. Maka sekarang kita tinjau. Semalam saya juga sudah nyoba. Lumayan bagus,” katanya.

Ganjar juga memastikan kesiapan suplai BBM.  Ia mengatakan, pada prinsipnya suplai BBM pada arus padat seperti libur panjang Natal dan Tahun Baru, tidak jauh beda penanganannya dengan libur lebaran.

“Kalau nanti sudah ujicoba mau natal ketika belum siap untuk dukungan (BBM) kita siapkan yang portabel. Kalau kerja ini SOP-nya sudah kita ujicoba berkali-kali. Maka dua tahun terakhir kalau kita bisa menyelenggarakan mudik bagus itu sudah jadi template kerja kita,” katanya. [yls]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *