Home / Nasional / Haji & Umrah / Syam : Agar Polemik Rekam Biometrik Tidak Berkepanjangan, Diusulkan Pelaksanaannya oleh Masing-masing PPIU

Syam : Agar Polemik Rekam Biometrik Tidak Berkepanjangan, Diusulkan Pelaksanaannya oleh Masing-masing PPIU

Syam : Agar Polemik Biometrik Tidak Berkepanjangan, Diusulkan Pelaksanaannya Oleh Masing-masing PPIUJakarta, Bisnis Syariah – Direktur Utama Patuna Tour & Travel, Syam Resfiadi mengusulkan kepada pemerintah Indonesia dan Kerajaan Saudi Arabia, supaya polemik rekam biometrik tidak terus berkepanjangan, hendaknya pelayanan rekam biometrik bisa dilakukan oleh perusahaan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU).

Sebab, jika itu bisa diwujudkan, maka dapat meringankan ruang gerak jemaah, saat melaksanakan perekaman biometrik. Kenapa demikian?. Karena perlu dingat bahwa penyebaran tempat tinggal jemaah, tidak sesederhana yang dibayangkan.

“Sebagian besar calon jemaah tinggal di pelosok-pelosok pedesaan yang cukup jauh dari ibu kota provinsi. Sedangkan infrastruktur pelaksanaan rekaman biometrik yang dimiliki VFS Tasheel¬† rata-rata adanya di ibu kota provinsi. Ini membuat jarak tempuh jemaah dari rumah menuju lokasi perekaman biometrik cukup jauh, memakan biaya transportasi yang cukup besar dan melelahkan. Apalagi ada yang tinggal di pulau-pulau terpencil, jadi apabila kebijakan rekam biometrik bisa dilakukan di PPIU sendiri itu sangat membantu kebutuhan jemaah. Dan juga melindungi kepentingan jemaah itu sendiri. Secara teknis dan infrastruktur PPIU siap untuk melaksanakannya. Apalagi ini bagian dari upaya untuk melayani dan melindungi kepentingan jemaah,” ujar Syam kembali. (rahmat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *