Home / Ragam / Awasi Caleg, Bawaslu Taruh Petugas Di Lokasi Bencana

Awasi Caleg, Bawaslu Taruh Petugas Di Lokasi Bencana

Bisnissyariah Bawaslu Bandung serius dalam mengantisipasi lokasi bencana puting beliung di Rancaekek jadi ajang kampanye. Mereka menaruh sejumlah orang di tempat tersebut.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bandung Januar Solehuddin menyebut pengawasan melekat bersama Panwascam dan pengawas kelurahan/desa ini bertujuan memastikan tidak ada peserta Pemilu 2019atau caleg yang memanfaatkan situasi.

“Misalnya melakukan kampanye yang terindikasi melanggar aturan seperti money politic di lokasi bencana,” ujarnya seperti diberitakan RMOLJabar, Minggu (13/1).

Pengawasan ini bukan bermaksud melarang pemberian bantuan pada korban. Tapi lebih pada pengawasan terhadap kampanye yang memanfaatkan korban bencana.

“Pengawasan (dilokasi bencana) ini lebih kepada antisipasi saja kemungkinan ada tidaknya pelanggaran Pemilu. Berkampanye dengan memanfatkan momen ini,” ucapnya.

Lebih lanjut, tambah Januar, pihaknya mempersilakan jika ada yang memiliki niat membantu korban bencana Rancaekek tapi tidak dengan maksud dan tujuan tertentu.

“Kami mulai bersiaga sejak bencana (puting beliung) ini terjadi dan akan terus kami awasi hingga kondisi pulih kembali. Kami harap lokasi bencana tidak menjadi ajang unjuk gigi partai politik,” tandas Januar. [ian]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *