Home / Ragam / PLTA Batangtoru Tidak Masalah Asal Sesuai Kajian

PLTA Batangtoru Tidak Masalah Asal Sesuai Kajian

Bisnissyariah Peringatan zona gempa di kawasan Batangtoru, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara (Sumut) bukan berarti daerah ini tidak boleh dibangun infrastruktur.

Geolog ITB, Abdullah Sanny menegaskan bahwa pembangunan harus tetap dijalankan. Tapi harus melalui kajian dan penelitian yang komprehensif dan menjadi pedoman pembangunan infrastruktur.

“Langkah ini bertujuan memitigasi risiko kegempaan. Itu bisa direkayasa. Artinya perlu diketahui bahwa vibrasi yang akan ditimbulkan oleh gempa terhadap bangunan dengan mendesain struktur yang sesuai,” tegasnya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Minggu (13/1).

Sejurus dengan itu, pengamat geolog dari Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Sumut, Lismawaty menilai pembangunan PLTA Batangtoru tidak masalah. Asalkan, pembangunannya memenuhi semua syarat kajian yang telah dilakukan.

Dia berharap proyek Batangtoru tidak dihentikan karena akan memberi dampak positif kepada warga sekitar.

“Saya sangat optimistis berbagai kajian soal kegempaan yang juga sudah dilakukan akan membuat PLTA Batangtoru akan menjadi solusi dan tidak justru menjadi masalah,” tegasnya. [ian]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *