Home / Nasional / Haji & Umrah / Respon Keluhan Jemaah, Sesdirjen Haji : Proses Perpindahan Pin Jemaah Haji Khusus Tidak Boleh Dipungut Bayaran

Respon Keluhan Jemaah, Sesdirjen Haji : Proses Perpindahan Pin Jemaah Haji Khusus Tidak Boleh Dipungut Bayaran

Sesdirjen Haji Tegaskan Proses Perpindahan Pin Jemaah Haji Khusus Tidak Boleh Dipungut BayaranJakarta, Bisnis Syariah – Sekretaris Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kementerian Agama, Ramadhan Harisman menegaskan, proses perpindahan pin jemaah haji khusus dari perusahaan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) yang satu kepada PIHK yang lain, tidak boleh dipungut bayaran sepeser pun.

“Apalagi sampai memotong uang jemaah atau meminta uang administrasi kepada jemaah. Itu tidak boleh. Bahkan mentransaksikan proses perpindahan pin antara sesama perusahaan PIHK dengan bayaran tertentu, dengan alasan sebagai jasa administrasi, itu pun juga tidak boleh. Sebab dasar hukum yang mengatur soal itu tidak ada,” tegas Ramadhan Harisman ketika ditemui Bisnis Syariah dalam menanggapi keluhan jemaah haji khusus, usai melaksanakan sholat Jum’at di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jum’at siang, (11/01/2018).

Lanjut dia, kalau ada calon jemaah yang dibegitukan, segera laporkan baik secara lisan maupun secara tertulis ke kontak pengaduan yang telah disediakan di website resmi Kementerian Agama. “Bila terbukti secara sistem akan langsung dikenai sanksi. Jangan sampai hal-hal yang seperti itu, terjadi di kemudian hari, sebab dapat mencoreng intitusi Kementerian Agama, yang saat ini sedang gencar-gencarnya dibangun di tengah-tengah publik. Jadi, kalau ada jemaah yang ingin pindah pin jangan dipersulit. Layani dengan baik, sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Karena itu hak jemaah,” tukasnya kembali. (bs1/rahmat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *