Home / Ragam / Gratis Hingga Akhir Maret, Ini Perkiraan Ongkos MRT Bulan Depan

Gratis Hingga Akhir Maret, Ini Perkiraan Ongkos MRT Bulan Depan

Bisnissyariah Jelang peresmian moda raya terpadu (MRT) Minggu (24/3), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membebaskan biaya tarif MRT hingga akhir Maret 2019 ini.

Hal itu berkaitan dengan belum diputuskannya besaran tarif oleh Pemprov DKI, DPRD, maupun pihak PT MRT.

“Jadi nanti ditetapkan Insya Allah hari Senin akan ada rapimgab. Pada saat itu ditetapkan, MRT akan beroperasi secara nonkomersial sampai dengan tanggal 31 Maret,” kata Anies saat ditemui di Pulau Seribu, Jumat (22/3).

Semestinya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI memastikan MRT akan beroperasi secara komersial pada (24/3) setelah diresmikan.

Mundurnya waktu operasi secara komersial dikarenakan Pemprov DKI sebagai operator bersama DPRD DKI baru dapat mengetuk palu terkait besaran ongkos MRT, Senin (25/3).

Anies juga menambahkan, kemungkinan besaran tarif untuk moda trasportasi modern ini akan dihitung di setiap stasiunnya. Artinya tidak memberlalukan satu harga sekali naik.

“Sesudah tanggal 1 April MRT akan beroperasi secara komersial. Lalu angkanya Insya Allah akan ditetapkan nanti menjadi tabel harga. Dari Stasiun Lebak Bulus, kemudian sampai Stasiun Blok M itu berapa, dari stasiun misalnya Senayan sampai Bundaran HI berapa. Harganya nanti antarstasiun,” ucapnya.

Nantinya warga yang menggunakan MRT akan menerima kartu Jak Lingko untuk melakukan transaksi saat hendak menaiki MRT.

“Nah apa yang nanti diterima masyarakat? Masyarakat nanti menerima kartu seperti kalau naik bus TJ. Kartu itu Jak Lingko, nanti akan didebet, dikurangi. Jadi cara pelaksanaannya seperti itu,” jelasnya.

Bila disimulasikan, Anies menjelaskan tarif MRT dari stasiun Lebak Bulus ke Stasun Bundaran HI mencapai Rp. 10.000 dengan perhitunhan harga per satu kilometer sebesar Rp.1.000.

“Perhitungannya kalau dirata-rata total itu Rp 10.000. Tapi kalau per kilometer rata-rata Rp 1.000,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *