Home / Ragam / Pemerintah Harus Bantu UMKM Melek Teknologi

Pemerintah Harus Bantu UMKM Melek Teknologi

Bisnissyariah Perhatian pemerintah dalam mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memang sudah besar. Tapi pemerintah tetap harus memberikan edukasi kepada pelaku UMKM agar melek teknologi di era revolusi industri 4.0.

Pengamat luar negeri dari ASEAN International Advocacy, Shanti Ramchand Shamdasani menjelaskan bahwa kebijakan pemerintah selama empat tahun terakhir telah pro pada kepentingan UMKM. Dorongan kepada UMKM tidak hanya diberikan di dalam negeri tapi juga hingga ke luar negeri.

“Hal itu terlihat dari Kedubes RI di luar negeri sangat welcome dan mengayomi sehingga UMKM meningkat,“ ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi.

Presiden Joko Widodo telah meminta kedutaan di luar negeri untuk membantu pemasaran UMKM. Tak jarang pihak kedutaan mengundang UMKM ke luar negeri.

Shanti mengaku pernah terlibat langsung dalam membawa UMKM ke acara KBRI New Delhi, India. Dia saat itu membawa tujuh UMKM Indonesia yang menjajakan minyak kelapa, kacang, tekstil, dan sandal.

“Mereka ke sana kita lakukan B to B. Langsung menawarkan produknya kepada pengusaha di India. Hasilnya bagus. Banyak yang tertarik,” tegasnya.

Namun demikian, Shanti tetap memberi catatan bagi pemerintah. Dia ingin pemerintah fokus pada pemberian edukasi ke pelaku UMKM agar melek teknologi. Pengetahuan bisnis daring, kata dia, sangat dibutuhkan bagi pelaku UMKM dalam menghadapi era digitalisasi seperti saat ini.

“Kalau bisa UMKM industri rumahan dan kecil, harus didukung di online untuk menggenjot penjualan. Ke depan, pemeritah harus mengalokasikan anggaran bagaimana memberikan pemahaman marketing UMKM di media sosial,” pungkas caleg Nasdem dari Dapil DKI Jakarta II itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *