Home / Ragam / Sorlip Kertas Suara Di Kabupaten Bandung, Ribuan Suara Rusak!

Sorlip Kertas Suara Di Kabupaten Bandung, Ribuan Suara Rusak!

Bisnissyariah KPU Kabupaten Bandung mencatat selama proses sortir lipat (sorlip) yang digelar sejak Sabtu (2/3) lalu hingga Kamis (14/3) di tiga gudang, ditemukan ribuan surat suara mengalami kerusakan.

Sesuai data yang diterima Jumat (15/3), kerusakan salah satu logistik kebutuhan pesta demokrasi yang akan dilaksanakan 17 April nanti itu meliputi 5.403 lembar surat suara untuk Pileg tingkat DPR RI (pusat).

Selanjutnya, 3.490 lembar untuk kebutuhan Pileg tingkat DPRD Provinsi Jawa Barat, lalu sebanyak 3.742 lembar untuk tingkat DPRD Kabupaten Bandung, dan terakhir surat suara rusak sebanyak 4.805 untuk DPD RI.

Ketua KPU Kabupaten Bandung, Agus Baroya mengatakan, sesuai pengecekan tim sorlip kerusakan ribuan surat suara itu ada tiga kategori yang cukup menonjol. Pertama ada bercak dalam kotak partai atau nama calon.

“Kedua (surat suara) keriput. Ada beberapa surat suara yang ketika dibuka itu terlipat itu jumlahnya lumayan banyak. Ketiga ada semacam noktah (di surat suara) ada yang berwarna biru ada yang coklat,” bebernya seperti dilansir RMOLJabar.

Agus menambahkan, pihaknya sudah melakukan prosedur seperti pencatatan dan penyimpanan surat suara yang rusak untuk nantinya dilaporkan melalui berita acara agar segera dilakukan proses penggantian.

“Untuk waktu penggantian kami menunggu penghitungan surat suara yang datang seperti untuk (kebutuhan) Pilpres. Setelah semuanya beres. Kecuali kalau inatruksi lain, intinya kami sudah siap data,” tandasnya.

Hasil rekap sementara KPU, surat suara dalam kondisi baik sebanyak 2.403.259 lembar untuk DPR RI, 2.405.577 lembar DPRD Provinsi, 2.050.228 lembar DPRD Kabupaten, dan 2.167.224 lembar DPD RI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *