Home / Ragam / Bikin Puskesmas Jadi Mall Orang Sehat, Bupati Banyuwangi Siapkan Reward Khusus

Bikin Puskesmas Jadi Mall Orang Sehat, Bupati Banyuwangi Siapkan Reward Khusus

Bisnissyariah Pemkab Banyuwangi makin gencar mendorong langgam gerak Puskesmas menjadi “mal orang sehat”. Puskesmas didorong mengubah paradigma pengelolaan kesehatan dari “paradigma sakit” menuju “paradigma sehat”.

“Puskesmas harus menjadi mal orang sehat. Jadi orang ke Puskesmas bukan hanya pas sakit, tapi juga ketika sehat agar terus sehat,” ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Kamis (13/6).

Selama ini, lanjut Anas, paradigma pengelolaan kesehatan masih “paradigma sakit”. Hal itu termasuk didorong kebiasaan warga yang baru ke fasilitas layanan kesehatan hanya ketika sakit saja. Sehingga anggaran banyak tertuju ke pelayanan rujukan yang berorientasi ke pengobatan, bukan pencegahan.

“Kami juga proaktif. Misalnya, ada pengantar orang sakit yang kita cermati kok dia itu kelebihan berat badan, maka kami tawarkan konsultasi gizi sekaligus kami cek kondisi gula darah,” jelas Yos.

“Kami juga banyak menggelar konsultasi preventif, semacam pembinaan kesehatan di luar Puskesmas dengan mendatangi pengajian, arisan warga, pertemuan di Balai Desa, tempat ibadah, dan sebagainya,” pungkas Yos.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *