Warning: Declaration of Cmpopfly_Walker_PostDropdown::walk($elements, $max_depth) should be compatible with Walker::walk($elements, $max_depth, ...$args) in /srv/users/serverpilot/apps/bisnissyariahcoid/public/wp-content/plugins/cm-pop-up-banners/shared/functions.php on line 478
Inilah 8 Mustahik yang Berhak Memperoleh Zakat dari Baznas – Bisnis Syariah
Home / Ekonomi / Inilah 8 Mustahik yang Berhak Memperoleh Zakat dari Baznas

Inilah 8 Mustahik yang Berhak Memperoleh Zakat dari Baznas

Inilah 8 Mustahik yang Berhak Memperoleh Zakat dari BaznasBogor, Bisnis Syariah – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) hanya menyalurkan zakat, infak dan sedekah (ZIS) hanya kepada delapan golongan mustahik yang membutuhkan, sesuai dengan syariat dan peraturan perundangan yang berlaku.

Delapan Mustahik tersebut adalah fakir (orang yang tidak memiliki harta, Miskin (orang yang penghasilannya tidak mencukupi), Riqab (hamba sahaya atau budak), Gharim (orang yang memiliki banyak hutang), Mualaf (orang yang baru masuk Islam), Fisabilillah (pejuang di jalan Allah), Ibnu Sabil (musyafir dan para pelajar perantauan) dan Amil zakat (panitia penerima dan pengelola dana zakat).

Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas, Irfan Syauqi Beik mengatakan, lembaga menjamin penyaluran zakat tepat sasaran melalui berbagai program yang dilakukan.

Tidak hanya menyalurkan bantuan secara langsung, Baznas juga mengengmbangkannya melalui program pemberdayaan mustahik meliputi bidang ekonomi, pendidikan, kesahatan, sosial dan dakwah.

“Dengan dana zakat, infak dan sedekah yang ditunaikan masyarakat, Baznas mendorong peningkatan perekonomian dan kesejahteraan mustahik sehingga memiliki kehidupan yang lebih baik, dan perlahan naik kelas menjadi muzaki atau golongan mampu yang sudah wajib membayar zakat,” katanya saat menghadiri kegiatan inovasi layanan zakat digital Baznas di Mal Botani Square, Bogor, Jawa Barat, Sabtu sore, (01/06/2019).

Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, Baznas menyediakan lima layanan kemudahan zakat melalui kanal digital. Layanan ini diharapkan dapat membantu masyarakat menunaikan ibadah semudah berbelanja online. (miftahurrahmat/bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *