Home / Ragam / 21 RS Di Banten Turun Kelas, Wagub Kumpulkan Data Untuk Klarifikasi

21 RS Di Banten Turun Kelas, Wagub Kumpulkan Data Untuk Klarifikasi

Bisnissyariah Kementerian Kesehatan menurunkan kelas atau tipe 20 rumah sakit di Banten. Rekomendasi Kemenkes itu sebagaimana tertuang dalam surat nomor HK.04.01/I/2963/2019 yang ditujukan kepada gubernur, walikota, bupati tertanggal 15 Juli lalu.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengakui telah mendapat surat Kemenkes tersebut. Kini pihaknya tengah bergerak cepat untuk mendalami alasan rekomendasi tersebut keluar.

“Kenapa pelayanan rumah sakit bisa turun seperti itu, ini masih tahap evaluasi kita. Walaupun memang kok bisa diturunkan itu kan memang seharusnya dengan fasilitas yang ada, harusnya tetap,” katanya seperti diberitakan RMOLBanten, Minggu (21/7).

Ia menjelaskan, rekomendasi penurunan tipe dari Kemenkes belum bersifat final. Setelah melakukan kajian rekomendasi, pemprov akan memberi rekomendasi ulang agar RS di Banten yang memang layak untuk tidak diturunkan tipenya.

Dia pun memerintahkan Dinas Kesehatan untuk melakukan pengecekan di rumah sakit yang tipenya diturunkan. Tujuannya, untuk mencari data agar bisa memberi jawaban ke Kemenkes.

“Supaya nanti kita lihat istilah kalau dari media hak jawab dari pemprov ke Kementerian Kesehatan,” ungkapnya.

Adapun 20 rumah sakit yang turun kelas adalah RSUD Banten dari tipe B ke C, RSUD Adjidarmo di Lebak dari tipe B menjadi C.

Kabupaten Tangerang, RS Selaras dari C ke D, RS Ibu dan Anak Tiara dari C ke C*, RS Mulia Insani dari C ke D, RS Ciputra dari B ke C, RSUD Pakuhaji dari D ke D* dan RS Siloam Hospital Lippo dari B ke C.

Selanjutnya di Kota Tangerang ada RS Sari Asih Karawaci dari B ke C, RS Mayapada dari B ke C, RS Sari Asih Sangiang dari C ke D, RS Aqidah dari C ke D dan RS Ibu dan Anak PKU Muhammadiyah Cipondoh dari C ke C*.
Kota Cilegon rekomendasi diberikan untuk RS Krakatau Medika dari tipe B ke C.

Di Kabupaten Serang, RSUD Drajat Prawiranegara dari B ke C, RS Umum Ibunda dari D ke D*, dan RS Sari Asih Serang dari B ke C.

Terakhir di Kota Tangerang Selatan ada RS Rumah Indonesia Sehat dari C ke D, RS Ibu dan Anak Vitalaya dari C ke C*, RS Insan Permata dari C ke D dan RS Umum Daerah Tangerang Selatan dari C ke D. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *