Home / Ragam / Runway Ketiga Bandara Soeta Siap Digunakan Usai Pesawat Kalibrasi Sukses Mendarat

Runway Ketiga Bandara Soeta Siap Digunakan Usai Pesawat Kalibrasi Sukses Mendarat

Bisnissyariah Proyek runway ketiga di Bandara Internasional Soekarno-Hatta terus dikebut. Bahkan hari ini dilakukan pendaratan pesawat kalibrasi guna mengetes kesiapan fisik dari runway tersebut.

Pendaratan pesawat kalibrasi ini juga disaksikan langsung oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. Menhub menegaskan, suksesnya pesawat kalibrasi mendarat menandakan runwayketiga sudah siap dioperasikan.

Lebih lanjut, Menhub mengatakan siapnya runway ketiga ini akan dilaporkan ke Presiden Joko Widodo agar segera bisa digunakan, sesuai dengan arahan pada kunjungan kerja Presiden pada (21/6) lalu.

Saat ini, Bandara Internasional Soekarno-Hatta beroperasi dengan runway satu dan runway dua dengan kapasitas penerbangan sebanyak 81 pergerakan pesawat per jam. Dengan adanya runwayketiga, maka Soekarno-Hatta dapat melayani sebanyak 114 pergerakan pesawat per jam.

Ke depan, Bandara Internasional Soekarno-Hatta dapat melayani pergerakan penumpang mencapai 100 juta penumpang per tahun atau setara dengan bandara di Beijing (China) dan Atlanta (Amerika Serikat). Saat ini, jumlah penumpang di Soekarno-Hatta berkisar 60-70 juta penumpang per tahun. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *