Home / BS / Sosialisasi Haji Dan Advokasi / Menag Persilakan Tarwiyah tapi Harus Bertanggung Jawab

Menag Persilakan Tarwiyah tapi Harus Bertanggung Jawab

Bisnissyariah – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mempersilakan jamaah haji Indonesia yang mau melaksanakan ibadah tarwiyah. Namun demikian, dia meminta jamaah agar memiliki tanggung jawab penuh atas pilihan tersebut.

“Silakan kepada jamaah haji yang ingin melaksanakan tarwiyah, tetapi harus dengan penuh tanggung jawab,” ujar Menag Lukman Hakim di Jarwal, Makkah, Kamis (8/8).

Menag mngimbau para jamaah yang akan melaksanakan tarwiyah itu untuk melapor dan melakukannya secara berkelompok, berombongan, supaya bisa saling membantu.

“Intinya jangan jalan sendiri-sendiri. Harus berombongan supaya bisa saling membantu bila ada yang memerlukan,” kata Menag.

Pelaksanaan tarwiyah ialah berangkat ke Mina pada 8 Zulhijjah. Mereka menginap di Mina sebagaimana dicontohkan Rasulullah SAW dengan berjalan kaki. Pada tanggal dan hari tersebut, mereka akan menghabiskan waktu seharian dengan shalat lima waktu di sana; mulai dari shalat Zhuhur, Ashar, Maghrib, Isya, sampai subuh pada paginya hari Arafah (hari kesembilan bulan Zhulhijjah). Di pagi hari, mereka menuju padang Arafah. (TT)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *