Home / BS / Sosialisasi Haji Dan Advokasi / Saudi akan Pulangkan Cepat Barang Bawaan Jemaah

Saudi akan Pulangkan Cepat Barang Bawaan Jemaah

Kepala Seksi Pengawasan PIHK Daker Madinah

Bisnissyariah –¬† Kepala Daerah Kerja Mekkah Subhan Cholid mengatakan penerapan sistem pemulangan jalur cepat (fast track)/iyab berlaku untuk jemaah dan barang bawaannya.

“Praktiknya seperti apa masih akan terus didalami dan dikoordinasikan dengan penerbangan. Apakah nanti pengambilan sidik jari atau imigrasi di Makkah, atau tetap di bandara, atau bahkan menggunakan bandara ketika saat kedatangan sudah entri,” papar Subhan.

Subhan mengakui sampai saat ini belum ada sosialisasi resmi terkait fast track kepulangan jemaah haji kloter pertama Indonesia.

Pihaknya berharap, program iyab akan efektif bagi jemaah haji Indonesia dalam mengurangi kejadian keterlambatan panjang saat pemulangan. Terlebih, kapasitas bandara di Arab Saudi yang meskipun besar sudah sangat padat.

“Saudi menerbangkan 200 flight per hari. Antrean runway dan lainnya perlu kecermatan dan ketepatan waktu. Kemudian proses loading mulai dari imigrasi sampai sweeping butuh waktu lama. Itu sudah dibantu city check in sejak dua hari di hotel,” pungkas Subhan.(TT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *