Home / Ragam / Ekonomi Global Terancam Resesi, Jerman dan Inggris Diprediksi Bisa Survive

Ekonomi Global Terancam Resesi, Jerman dan Inggris Diprediksi Bisa Survive

Bisnissyariah Resesi tengah mengancam ekonomi global. Bahkan bisa mengancam negara-negara dengan ekonomi terbesar dunia saat ini.

Seperti disebut Capital Economics, lima negara dengan ekonomi terbesar di dunia berisiko resesi. Mereka adalah Jerman, Inggris, Italia, Brasil, dan Meksiko.

Resesi ekonomi adalah kontraksi pertumbuhan ekonomi yang terjadi pada dua kuartal berturut-turut.

Ekonom memprediksi, pertumbuhan ekonomi Jerman susut menjadi negatif 0,1 persen pada kuartal ketiga tahun ini. Melanjutkan pertumbuhan negatif pada kuartal sebelumnya.

Namun, bila melihat catatan ekspor negara ekonomi terbesar keempat di dunia itu yang bangkit pada September 2019, kemungkinan Jerman selamat dari resesi cukup besar.

Kepala Ekonom Jerman ING Carsten Brzeski mengatakan, resesi secara teknis belum terjadi. Bahkan, Jerman bisa menghindari kontraksi pada menit-menit terakhir. Apalagi, ekonomi Jerman yang terbesar di Eropa.

“Faktanya, ekonomi Jerman stagnan selama lebih dari setahun. Ini jelas bukan hal menggembirakan,” kata Brzeski, mengutip CNN, Senin (11/11).

Selain Jerman, ekonomi Inggris juga mulai mengkhawatirkan. Inggris diperkirakan mencatat pertumbuhan tipis pada kuartal ketiga, setelah membukukan laju ekonomi negatif pada kuartal kedua. Pertumbuhan ekonomi negatif itu merupakan pertama kalinya sejak 2012 lalu.

Namun, ekonom juga masih yakin Inggris dapat lolos daro resesi seiring pertumbuhan ekonomi mereka yang mencapai 0,4 persen pada kuartal ketiga. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *