Home / Ragam / Penyebaran Virus Corona Semakin Luas, Sri Mulyani Kaji Dampak Dan Kekhawatiran Pelaku Pasar

Penyebaran Virus Corona Semakin Luas, Sri Mulyani Kaji Dampak Dan Kekhawatiran Pelaku Pasar

Bisnissyariah Penyebaran virus corona sudah sampai ke Amerika Serikat (AS). Bursa saham Wall Street pun dibuat geger. Pelaku pasar khawatir penyebaran virus ini bisa menghambat aktivitas ekonomi dunia. Begitu juga dengan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati.

Sri Mulyani memandang penyebaran virus corona bisa mengganggu stabilitas sistem keuangan dan perekonomian Indonesia. Kekhawatiran pelaku pasar akan virus corona bisa menjadi sentimen yang mempengaruhi pergerakan saham dan nilai tukar mata uang di pasar internasional. Namun,  ia mengakui pihaknya masih mengkaji wabah potensi virus corona terhadap perekonomian dalam negeri.

Saat ini, ia akan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan untuk mengambil langkah-langkah antisipasi agar virus ini tidak masuk ke Indonesia.

“Untuk saat ini, dari penyakit dan ancaman kita minta Kemenkes, dan lakukan langkah-langkah antisipasi dan beberapa langkah di airport dan berbagai rumah sakit maupun lembaga, termasuk industri yang berhubungan dengan virus. Kami terus koordinasi,” kata Sri Mulyani di kantornya, Rabu (22/1).

“Dari sisi potensi (dampak) kami akan melihat dari regional dan global karena menyangkut lebih banyak muncul (kekhawatiran) virus tertransmisikan seperti (virus) SARS dan H1N1,” ujar Sri Mulyani lagi.

Di Indonesia, sejauh ini belum ada keluhan masyarakat akan virus tersebut. Namun,  penyebaran virus corona dari Wuhan, China itu  memberi kekhawatiran kepada pelaku pasar. Persebaran virus ini menjadi sentimen bagi perdagangan mata uang dan emas.