Home / Ragam / Jelang Pindah, Pemerintah Ubah Aset Negara Di DKI Jakarta Jadi Pusat Brand Wisata Internasional

Jelang Pindah, Pemerintah Ubah Aset Negara Di DKI Jakarta Jadi Pusat Brand Wisata Internasional

Bisnissyariah Seiring dengan pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur, Pemerintah berupaya memanfaatkan asset-aset yang ada di Jakarta. Pemerintah berencana menggandeng pihak swasta dalam pemanfaatan aset-aset tersebut.

Direktur Barang Milik Negara Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan Encep Sudarwan mengungkapkan ide pemerintah untuk mengubah aset negara di DKI Jakarta menjadi pusat brand wisata internasional.

“Ada ide, misalnya Jakarta ada internasional brand soal wisata. Seperti Universal Studio, Disneyland, Lego Land, itu belum ada,” kata Encep di Kantor DJKN, Jakarta, Jumat (14/2).

Beberapa wilayah di Jakarta dapat dijadikan lokasi brand wisata internasional tersebut.

“Ada yang menyarankan di Jakarta, mungkin di Jakarta Timur atau di mana, ada kawasan wisata itu. Kami sedang mengumpulkan ide-ide,” urai Encep.

Pemerintah menginginkan Jakarta bisa menjadi lebih hidup dengan mempertahankan aset-aset yang ada di ibu kota negara itu. Beberapa investor telah diundang untuk membahas rencana ini.

“Apakah itu masih bisa dipakai, atau bisa kerja sama dengan swasta. Misalnya, konsesi 30 tahun atau berapa puluh tahun,” jelasnya.

Sesuai keputusan Presiden, pemerintah berencana memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menjelaskan pemindahan akan dilakukan secara bertahap.